Jumat, 05 April 2013

SARUNG SAMARINDA SEMAKIN MEMUKAU




Samarinda, 04 April 2013

Pada  saat  kami  menghadiri  undangan  dari pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD ) Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur untuk hadir dalam acara pembukaan Lomba Teater Monolog di Taman Budaya Kamis, tanggal 04 April 2013, tiba-tiba Hand Phone Kepala Bidang berdering yang pada intinya isi pesan telepon tersebut “bahwa pesan Bapak Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda segera ke Rumah Jabatan Walikota Samarinda jemput crew salahsatu Stasiun Televisi Swasta Nasional (Kameraman dan Reporter) untuk meliput lokasi Kampung Tenun Sarung Samarinda di Samarinda Seberang”.

Setelah menjemput crew yang dimaksud langsung saja kita menuju ke Samarinda Seberang tepatnya ke Jalan Pangeran Bendahara di samping  Rumah Cagar Budaya (Rumah Tua) yakni di Gang Pertenunan. Menyusuri yang namanya Gang Pertenuanan ternyata sepanjang gang tersebut berjejer rumah yang yang rata-rata rumah terbuat dari kayu dan pagarnya dicat dengan cat motif sarung samarinda dan disetiap rumah pasti ada alat tenun konvensional beserta penenunnya yang lagi menenun.

Berbagai corak tenun sarung samarinda dapat kita lihat dan sangat cantik, pantas saja sarung samarinda ini sangat terkenal baik di negara kita Indonesia maupun sampai ke Manca Negara seperti negeri jiran Malaysia dan bahkan sampai ke kawasan negara Timur Tengah.

Saat ini Pemerintah Kota Samarinda telah mencanangkan kepada seluruh Perangkat Satuan Kerja Perangkat Daera (SKPD) untuk memakai seragam corak Sarung Samarinda setiap hari Kamis dan Jumat , sehingga bila hari Kamis pastinya kita akan melihat para aparat Pemerintah kota Samarinda memakai seragam Sarung Samarinda. Pada saat peliputan oleh crew TV Swasta Nasional mengambil aktifitas para penenun dan pas singgah di satu rumah penenun, ternyata ada rombongan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda yang ingin memesan untuk seragam di Dinasnya.

Itulah salah satu bentuk kepedulian dan komitmen  Bapak Walikota Samarinda untuk melestarikan nilai Sejarah, Budaya terutama Sarung Samarinda yang dijadikan Baju Khas Kota Samarinda. Semoga Sarung Samarinda tetap berkilau.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar