Kamis, 18 April 2013

MEMPERINGATI HARI PUSAKA DUNIA ("WORLD HERITAGE DAY") DI MASJID TUA SHIRATAL MUSTAQIEM SAMARINDA SEBERANG

        Pada hari Kamis, tanggal 18 April  2013 ternyata adalah Hari Pusaka Dunia dimana hari tersebut serentak di seluruh Dunia dan bahkan di Indonesia juga diperingati, jujur saya juga baru mengetahui dan mendengar hari Pusaka Dunia ini.
Saya sebagai Aparatur Pemerintah yang bekerja di Dinas Kebudayaan Pariwisata & Kominfo Kota Samarinda tergerak untuk memperingatinya, apalagi saya membidangi masalah Kebudayaan dan Kepurbakalaan termasuk benda-benda Cagar Budaya / Benda-Benda Bersejarah khususnya yang ada di Kota Samarinda.
Berbicara mengenai Benda Cagar Budaya / Benda-Benda Bersejarah yang ada di Kota Samarinda itu ada yakni :
  • Maqam Pendiri Kota Samarinda Lamohang Daeng Mangkona yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Tua Shiratal Mustaqiem di Kelurahan Masjid Samarinda Seberang.
  • Masjid Tua Shiratal Mustaqiem.
  • Rumah Tua yang berlokasi di Jalan Pangeran Bendahara Samarinda Seberang
Jadi Kesimpulannya bahwa sejarah Kota Samarinda awal mulanya di Samarinda Seberang...

Ini Masjid SHIRATAL MUSTAQIEM dan Baju yang saya gunakan Kain Tenun Sarung Samarinda

Kita kembali ke ke Topik awal  yakni Peringatan Hari Pusaka Dunia yang kita peringati di Masjid Tua Shiratal Mustaqiem Samarinda Seberang.

Di Lokasi kita gelar berbagai Acara yakni  : Lomba Mewarnai untuk Anak-Anak TK,



Pentas Seni, Fashion Show oleh Komunitas Batik Samarinsa

Tari-Tarian dari beberapa Sanggar antara lain dari Sanggar dari Paser 

Itulah beberapa Kegiatan yang kita laksanakan untuk memeriahkan Hari Pusaka Dunia 2013 walaupun persiapannya agak tergesa-tergesa.  Oya pada saat Open Ceremony saya juga didaulat untuk memberi sambutan mewakili Kepala Dinas yang pada saat bersamaan juga ada acara lain di Rumah Jabatan Walikota Samarinda,  Dalam Sambutan saya mengharapkan bahwa kegiatan memperingati Hari Pusaka Dunia kita agendakan Tahun Depan 2014, dengan lokasi yang berbeda misalanya di Rumah Tua.

Sedikit Gambaran Mengenai Masjid Tua Shiratal Mustaqiem
Masjid ini konon dibangun sekitar Tahun 1881 dan katanya menyimpan cerita misteri dimana tiang penyangganya terbuat dari Kayu Ulin yang ukuran pada saat itu sangat besar dan tidak bisa diangkat oleh orang-orang, namun pada saat itu ada seorang Perempuan lanjut usia tanpa bantuan siapapun dalam sekejap bisa  Tiang tersebut berdiri..

Lokasi Masjid ini dibangun, mengingat dulu di lokasi tersebut dijadikan tempat orang-orang berbuat yang dilarang agama seperti Berjudi, Menyabung Ayam dsb.

Masjid ini pernah meraih Juara ke 2 (Dua) FESTIVAL MASJID-MASJID BERSEJARAH 
SE INDONESIA ini Prasastinya



Papan Nama Yang Menyatakan Masjid Adalah Benda Cagar Budaya



Interior Masjid yang masih Original terbuat dari Kayu Ulin 
Mimbar di tengah cukup unik
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar