Senin, 15 Desember 2014

Kota Samarinda Semakin Mempersolek Dirinya


Jika anda berjalan entah mengendarai roda empat, roda dua, atau sekedar berjalan kaki, tentunya kita akan melihat keadaan yang berubah di Kota Samarinda dibanding kurun waktu 2 atau 3 tahun yang lalu. Yah gambaran perubahan itu tercermin dari mulai jalan- jalan terutama di kawasan Perumahan, jalan-jalan di pinggiran kota yang telah dicor, perbaikan taman-taman kota, sampai perbaikan trotoar menjadi pemandangan yang mengasyikkan untuk dinikmati.

Sebagai pegawai di Dinas Pariwisata Kota Samarinda tentunya kami sangat bangga akan perubahan wajah kota saat ini, syukur-syukur bisa menjadikan kota Samarinda sebagai Kota Tujuan Wisata bagi masyarakat di Kalimantan Timur sekaligus daerah tujuan wisata bagi Wisatawan Nusantara maupun Wisatawan Manca Negara.

Sebagai ibukota provinsi Kalimantan Timur kota Samarinda merupakan kota yang nenjadi simpul dari kabupaten / kota yang ada disekitarnya, seperti Balikpan di selatan, Kota Bontang dan Kutai Timur di sebelah utara, Kabupaten Kutai Karta Negara yang mengelilingi kota Samarinda baik dan kabupaten Kuatai Barat disisi baratnya. Tentunya Kota Samarinda menjadi sangat mudah untuk diakses dari berbagai penjuru. Ibarat seorang gadis yang sedang bersolek Samarinda menjadi rebutan para pelancong yang ingin menikmati kemolekan dan keindahan kota Samarinda.

Perubahan yang bisa kita lihat dan rasakan adalah direhabilitasinya beberapa taman, seperti taman di tepian sungai Mahakam ada Teluk Lerong Gardena yang berlokasi di jalan RE Martadinata, begitu cantik dan menariknya jika kita kunjungi pada malam hari, karena dihiasi dengan berbagai lampion beraneka bentuk dari bentuk kembang maupun bentuk ikan dan menyala berwarna warni menambah semaraknya kawasan teluk lerong tersebut. Dikawasan tersebut dibangun pula tugu Perahu Tambangan, ini mengingatkan kita tentang sejarah transportasi sungai mahakam dari jaman dulu sampai sekarang untuk menyeberangkan orang dari Samarinda kota ke Samarinda Seberang. Pengamatan kami setiap malam apalagi pada saat malam akhir pekan Teluk Lerong Garden dipenuhi masyarakat yang datang sekedar untuk menikmati lampion-lampion sampai sekedar berfoto ria di taman tersebut.

Demikian juga dimulai dari tugu Pesut di depan Kantor Gubernur Provinsi Kaltim suadah dimulai penataan taman yang nantinya diberi nama "Mahakam Lampion Garden" sungguh sangat semarak bila penataan taman tersebut selesai nantinya. Begitupula dengan Taman Pintar yang berlokasi di depan sekretarian Tim Penggerak PKK Kota Samarinda yang setiap hari dikunjungi mulai anak-anak, para remaja dan bahkan para orang tua juga menikmati taman pintar ini.

Coba kita perhatikan jalan-jalan protokol seperti jalan M Yamin pembatas di tengah jalannya ditata sedemikia rupa sehingga taman dan pohon terlihat begitu rapi dan teduh dengan tanaman pohon, begitupula di sepanjang jalan Dr Sutomo, Jalan Pahlawan, sungguh indah kelihatan. Ini mencerminkan bahwa Kota Samarinda betul-betul berbenah diri. Begitu juga dengan trotoarnya saat ini dipercantik dengan hamparan kerikil putih yang dipadu dengan motif-motif yang indah dan rapi. Dan satu lagi yang tak kalah pentingnya, saya lihat
beberapa halte dibangun sepanjang jalan KH Wahid Hasyim sampai ke jalan Pahlawan.

Begitulah wajah kota Samarinda saat ini yang kian hari kian mempercantik dirinya dan ini merupakan komitment Walikota Samarinda beserta segenap jajarannya untuk memberikan pelayanan dengan membangun fasilitas umum demi kenyamanan warga dan masyarakat.

Kita berharap kedepannya Kota Samarinda menjadi Kota tujuan wisata dengan berbagai fasilitas yang sudah disediakan mulai dari fasilitas Transportasi, Akomodasi, dan Konsumsi serta fasilitas penunjang lainnya, sehingga para wisatawan akan betah berlama-lama tinggal di Kota Samarinda.

Mari jadikan kota Samarinda sebagai kota yang Sejuk, Aman, Tertib, Bersih, Ramah, sehingga ada Kenangan tersendiri bagi pengunjung/wisatawan untuk kembali lagi ke Samarinda,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar